Membaca dan Menghapal Al-Quran :D

February 14, 2010

Insya Allah bermanfaat. ini dari hasil baca2 Al-Quran dengan terjemahannnya dan coba-coba merangkum sendiri sebagai catatan harian.

Selama ini yang di pelajari dari belajar mengaji cuma sebatas bagaimana membaca Al-Quran yang benar dan berlomba-lomba siapa yang paling banyak hatam atau siapa yang paling bagus membacanya (dinyanyiin), tapi kita lupa untuk memahami isi atau makna dari bacaan itu sendiri.

Kita tau bahwa Al-Quran merupakan sebuah panduan bagi kita "Manusia" sebagaimana halnya barang yang ada di rumah kita, semuanya mempunyai panduan yang harus kita baca sebelum kita menggunakan alat-alat itu. begitupun Al-Quran seharusnya kita baca dan pahami sebelum kita mencoba melangkah lebih jauh lagi di kehidupan ini. Kita adalah alat (dalam tanda kutip) yang diciptakan Allah swt, seharusnya dan selayaknyalah kita membaca panduan-Nya (Al-Quran).

Sebenarnya ini si... kekecewaan dalam diri sendiri kenapa ya selama ini kita hanya sekedar menghapal Al-Quran sebagai kewajiban kita sebagai seorang anak kecil dan menghapal cuma sekedar agar dapat melaksanakan shalat 5 waktu, tanpa memikirkan manfaat atau fungsi yg lebih dalam lagi dari Al-Quran itu sendiri yaitu sebagai panduan dalam hidup kita. Apa ini kesalahan orang tua kita atau kita sendiri sebagai seorang anak yang cuma menurut apa yang diperintahkan orang tua, ataukah kita terlalu sibuk dengan segala hal keduniawian kita(harta,jabatan,dsb), atau apalah.

Semoga ini menjadi perenungan yang bermanfaat bagi hambaMu ya ALLAH...
(lagi mencoba membaca2 terjemahan Al-Quran dan merangkum sedikit2 walau berantakan yg penting bisa dijadikan contoh untuk anak cucu kelak)

0 comments: